Langkah Teknis AKMI: Instalasi Server AKMI Tahun 2022

Pada hari ini Pukul 11 Siang, muncul Info di Web PDAKMI yang berisi tentang Gladi Bersih AKMI Online dan SemiOnline. Pada kali ini akan dipaparkan langkah-langkah Instalasi Server AKMI SemiOnline, semoga bermanfaat.




Langkah-langkah Instalasi Server AKMI

1. Unduh VDI dan Aplikasi yang dibutuhkan

VDI dan Aplikasi yang dibutuhkkan silakan diunduh terlebih dahulu.

VDI AKMI Unduh Disini
VirtualBox Unduh Disini
WinRAR Unduh Disini atau 7Zip Unduh Disini


2. Setting Network Komputer Server

Sebelum menjalankan Aplikasi dan VDI AKMI, persiapkan dahulu jaringan Komputer Server. Yang perlu diperhatikan adalah Adapter LAN Internet dan Adapter LAN Klien.





3. Install Aplikasi VirtualBox, WinRAR atau 7Zip dan Ekstrak VDI AKMI

Setelah aplikasi yang dibutuhkan diinstall kemudian Ekstrak VDI AKMI pada folder yang telah Teman-teman sediakan. Perhatian, ekstraklah file VDI AKMI.rar pada Drive Komputer yang masih menyisakan Space yang banyak, setidaknya 25GB.




4. Pasang dan Setting VDI AKMI di VirtualBox

Untuk memasang VDI AKMI ke VirtualBox Teman-teman hanya dengan Klik Kiri 2x pada File AKMI (VirtualBox Machine Definition) AKMI dengan Icon Warna Biru. Lihat gambar di bawah ini.




Maka akan tampil aplikasi VirtualBox sudah memasang VDI AKMI pada Dashboard dengan posisi Powered Off. Lihat Gambar di bawah ini.





Selanjutnya Setting VDI AKMI nya. Pilih VDI yg akan Teman-teman setting, dan Klik Icon Menu Setting, lihat gambar di bawah ini.




Selanjutnya Masuk ke Menu System, Masuk Tab Motherboard. Pada Base Memory geser pin biru hingga menghasilkan angka 4Gb (sekitar 4096MB) atau setengah dari RAM yg teman-teman miliki pada Komputer Server. Maaf dalam contoh berikut RAM hanya 4GB, jadi hanya saya masukkan angka sekitar 1888MB.

Kemudian beri Centang pada Hardware Clock in UTC Time. Lihat gambar di bawah ini.





Selanjutnya masuk pada Tab Processor, geser pin biru hingga menunjukkan angka 3 atau 4 core yang dipakai, pada settingan ini teman-teman cukup pada angka 3 core saja. Lihat Gambar di bawah ini.





Selanjutnya pilih Menu Network, masuk pada Tab Adapter 1, centang dahulu Enable Network Adapter, kemudian pada Attached to pilih Adapter TerBridge. Pada isian Name pilih Adapter LAN yang terkoneksi ke Klien (yang tadi telah disetting IP: 192.168.0.199).



Selanjutnya masih dalam Tab Adapter 1, pada pilihan Promiscuous Mode pilih Allow All, lihat gambar di bawah ini.




Selanjutnya pada Tab Adapter 2, centang Enable Network Adapter, Attached to pilih NAT. sampai di sini setting selesai, jangan lupa Klik Ok untuk menyimpan settingan yang telah teman-teman lakukan. Lihat gambar di bawah ini.




5. Menjalankan VDI AKMI di VirtualBox

Pastikan seluruh settingan yang teman-teman lakukan sudah fix, selanjutnya adalah menjalankan VDI AKMI pada aplikasi VirtualBox.

Pilih VDI yang akan teman-teman jalankan, kemudian klik Icon Panah Warna Hijau disebelah kanannya, yang berarti Start. Tunggu hingga proses load system oleh VirtualBox selesai. Lihat gambar di bawah ini.




Berikut Penampakan load sistem operasi oleh VirtualBox



Berikut penampakan load sistem operasi telah selesai. Perhatian Jangan ditutup, cukup diminimize !!! 

VDI AKMI sedang berjalan, ditandai dengan Status VDI Running pada Dashboard VirtualBox dan Jendela baru dari VirtualBox menampilkan  sistem operasi Ubuntu berjalan dan menampilkan teks akmi-host login:

Sampai di sini, teman-teman sudah berhasil menjalankan VDI AKMI pada aplikasi VirtualBox, selanjutnya silakan dicek apakah Aplikasi berjalan dengan benar.





6. Jalankan CBT AKMI 2022

Setelah instalasi VDI AKMI 2022 di VirtualBox sudah berhasil, saatnya menguji untuk test login Pengawas dan Peserta. Gunakan Browser Chrome atau Mozila FireFox terupdate.

Link Login Proktor dan Pengawas:

Akun Proktor dapat diambil pada web PDAKMI




Akun Pengawas dapat pula diambil pad web PDAKMI





Link Login Peserta:

Akun Peserta dapat dilihat pada Kartu masing-masing.

Untuk yang perlu ditanyakan, dapat juga sharing digrup Proktor Madraasah, atau tulis dikolom komentar, Terimakasih

Untuk Video, silakan Lihat Pada Video Berikut ini.



Hana Nurdin, S.Pd.
Tim Teknis ANBK AKMI MI Kota Probolinggo

Posting Komentar untuk "Langkah Teknis AKMI: Instalasi Server AKMI Tahun 2022"